Sunday, September 6, 2015

Apa itu side jobs ?



Kalau dalam bahasa indonesianya yah berarti samping pekerjaan. Kalau diartikan karena bahasa Inggirs yang terbalik adalah pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan ini untuk menambah penghasilan bagi yang sudah bekerja sedangkan bagi yang belum bekerja yah jadinya menjadi pekerjaan utama.
Sifat pekerjaan sampingan yah tidak menetapseperti halnya pekerjaan tetap. Kalau pekerjaan tetap itu kita masuk jam 7 dan pulan jam 4 sore atau mungkin ada yang masuk jam 9 dan pulan jam 5 sore bergantung dengan kebijakan dari perusahaan atau kantor. Pekerjaan sampingan dikerjakan setelah jam pulang kantor atau sebelum masuk kantor.
Seorang pekerja juga dapat mencari tambahan dengan menjadi konsultan di perusahaan lain. Selama mereka tidak menganggu aktivitasnya , boss tidak mempermasalahkan hal itu.
Bahkan dengan adanya Gojek, banyak peuang terbuka mecari sides jobs. Bagi dosen yang sering libur atau guru honorer, Gojek bisa mereka jadikan untuk menambah penghasilan. Urusan gengsi nomor dua saja. Kalau gengsi tapi mati yah sama saja bohong.   Konon katanya dari gojek ini ada yang mengantungi sekitar jutaan rupiah .aJumlah ini bisa dua kali dari UMR.Siapa yang tidak tergiur dengan uang sebanyak itu? Ada juga Suami selebrti yang juga menyetir Uber Taxi katanya juga bisa jutaan.Wah jumlah ini besar juga bagi seorang pegawai swasta biasa.
Di tengah krisis yang melanda,memang kita harus berfikir kreatif untukmemenuhi kebutuhan hidup kita. Hidup hemat benar namun jika tidak ada yang bisa lagi dihemat kita harus meningkatkan penghasilan.
Kita bisa mencari sides jobs yang sesuai dengan kemampuan kita.Yah , kalau kita naik motor belum lancer dan tidak suka naik motor, jangan menjadi pengemudi ojek karena ini justru akan merugikan kita dan diri orang lain.
Misalnya kita mempunyai keahlian menulis, maka kita tajamakan kemampuan kita. Kita pergunakan bakat kita untuk menjadi penulis. Setelah pulang dari kantor kita bisa menulis. Soernag dosen dapat memanfaatkan waktunya untuk menulis lebih banyak lagi. Kalau seorang pegawai bisa memanfaatkan pertemanan untuk menjual barnag-barang tertentu seperti makanan,hape ,pakaian, tas dan lain-lain.
Bagi saya sides jobs itu penitng.Saya memperhatikan seorang teman saya yang Cuma seorang lulusan STM. Ia mempunyai kemampuan di bidang computer dan hape. Ia bekerja di counter hape namun tidak sebatas itu saja. Ia membantu orang untuk memperbaiki computer atau servis computer dnakadang ia juga menjual computer. Ia juga dpat memperbaiki hape dan ia berbisnis dengan barang-barang yang sudah sulit dicari di pasar. Dari keahliannya ia mempunyai usaha sampingan yang banyak.   

Baca Juga:
Investasi dan Perencanaan Keuangan 
Pengertian Saham  

No comments:

Post a Comment